9 Olahraga Yang Paling Ekstrim Di Dunia

8:19 AM


Olahraga ekstrim/Extreme sports (disebut juga, action sports, aggro sports, and adventure sports) adalah istilah populer untuk Olahraga tertentu dirasakan sebagai kegiatan yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi yang melekat. Kegiatan ini sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tingkat tinggi, dan peralatan yang sangat khusus.

Berikut ini olahraga yang bisa digolongkan sebagai ekstrim, hanya tidak tampak begitu bagi mereka yang sudah terbiasa karena mereka telah menjadi begitu hampir setiap hari.

Mountain biking (Sepeda Gunung)

Bersepeda gunung adalah olahraga mengendarai sepeda off-road, seringkali di medan kasar, dengan menggunakan sepeda gunung yang dirancang khusus. Sepeda gunung hampir sama dengan sepeda lainnya, tetapi menggabungkan fitur yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja di medan kasar.

Sepeda Gunung Ini olahraga individual yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan keseimbangan, keterampilan sepeda dan kemandirian. Bersepeda gunung umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa kategori: cross country (XC), trail riding, all mountain, downhill, freeride, slopestyle, dirt jumping dan trials. Sebagian besar bersepeda gunung jatuh ke rekreasi cross country, dan kategori trail riding.

Volcano Boarding (Berselancar Di Gunung Berapi)

Berangkat ke Nikaragua di sebuah gunung di Amerika Tengah - satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat melemparkan diri ke bawah dari sebuah gunung berapi aktif.

Photo by Nicaplease General Public
Meluncur ke bawah dari ketinggian sekitar 2.380 kaki dengan papan kayu yang dirancang khusus mencapai kecepatan hingga 50 mph dan sepanjang waktu mengetahui bahwa gunung berapi ini masih muda dan telah meletus 20 kali sampai saat ini.

Kemiringannya adalah sekitar 41 derajat, sangat curam dan meskipun pendakian ke puncak membutuhkan waktu 45 menit, Anda yakin akan turun dalam sekejap.

Speed Riding/Speed flying

Speed Riding (juga dikenal sebagai Speed Flying) adalah olahraga ekstrim yang melibatkan kombinasi dari paralayang dan keterampilan ski. Ini adalah olahraga yang relatif baru yang berkembang pesat dan mendapatkan banyak perhatian.

Bahaya dari Speed Riding, karena termasuk kategori olahraga ekstrim, terletak pada kenyataan bahwa mungkin merasa lebih aman daripada yang sebenarnya. Sementara bisa terbang beberapa meter di atas tanah, dengan kecepatan tinggi, dengan adrenalin yang intens. Ide di balik olahraga musim dingin ini adalah bahwa, ketika bermain ski, Anda dapat mengambil posisi ke udara ketika kondisi memungkinkan dan kemudian mendarat lagi ketika memilih demikian.

Cliff Diving (Menyelam Dari Tebing)

Menambahkan dimensi baru bagi olahraga menyelam, Cliff Diving didefinisikan sebagai kesempurnaan akrobatik menyelam ke dalam air dari tebing yang tinggi. Menantang batu-batu kasar, penyelam terjun dari atas memukul keras ke dalam air. Kegiatan telah berkembang menjadi sebuah olahraga yang ditandai dengan keberanian besar, fokus, sensasi dan resiko.

Cliff diving adalah salah satu jenis menyelam yang beresiko, maka kehati-hatian adalah suatu keharusan. Untuk kepentingan penyelam, standar tertentu telah diatur untuk meminimalkan faktor resiko. Beberapa di antaranya adalah menentukan tinggi lompatan (23 - 28 meter untuk laki-laki, 18 - 23 meter untuk wanita), kecepatan memasuki air ideal 75 - 100 km/jam, dan waktu jatuh bebas dari 3 detik.

Slacklining (Keseimbangan)

Slacklining adalah praktek dalam keseimbangan yang biasanya menggunakan nilon atau poliester anyaman dikencangkan antara dua titik jangkar. Ketegangan baris dapat disesuaikan agar sesuai dengan pengguna dan berbagai jenis anyaman dapat digunakan untuk mencapai berbagai prestasi. Garis itu sendiri biasanya datar, karena sifat dari anyaman, sehingga menjaga pondasi itu dari bergulir, seperti yang menjadi kasus dengan tali biasa. Sifat dinamis dari garis memungkinkan untuk trik dan stunts.

Rock climbing (Panjat Tebing)

Photo Rock Climbing by Burtonpe CC BY-SA Wikimedia
Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut fisik dan mental, salah satunya menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental. Ini bisa menjadi olahraga yang berbahaya dan pengetahuan teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan pendakian khusus sangat penting untuk penyelesaian yang aman dari rute. Karena berbagai macam dan berbagai formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi beberapa gaya yang berbeda-beda dan sub-disiplin.

Wingsuit flying

Wingsuit flying adalah olahraga terbang melalui udara menggunakan jumpsuit khusus, yang disebut wingsuit, yang menambah luas permukaan tubuh manusia untuk memungkinkan peningkatan yang signifikan di udara. Sebuah penerbangan wingsuit biasanya berakhir dengan pembukaan parasut, sehingga wingsuit dapat diterbangkan dari setiap titik yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk melayang di udara, seperti pesawat skydiving atau Basejump dan memungkinkan parasut untuk bekerja.

Big wave surfing (Berselancar Dengan Ombak Besar)

Big wave surfing adalah olahraga ekstrim yang paling populer di dunia dan merupakan tes kelincahan dan waktu.

Disiplin dalam berselancar di mana peselancar berpengalaman mendayung atau bergerak ke gelombang yang tingginya setidaknya 20 kaki (6,2 m) atau lebih. Ukuran ombak dibutuhkan untuk berhasil surfing bervariasi pada suatu gelombang serta teknik surfer digunakan untuk mencapai gelombang tersebut. Sebuah papan yang lebih besar, lebih panjang memungkinkan pengendara untuk mendayung cukup cepat untuk menangkap gelombang dan memiliki keuntungan menjadi lebih stabil, tetapi juga membatasi manuver dan kecepatan berselancar.

Dalam ombak dengan gelombang besar, gelombang dapat mendorong peselancar turun 20 sampai 50 kaki (6,2 m sampai 15,5 m) di bawah permukaan. Setelah mereka berhenti berputar, mereka harus mendapatkan kembali keseimbangan mereka dan mencari tahu jalan mana yang sudah habis. Surfers mungkin memiliki kurang dari 20 detik untuk sampai ke permukaan sebelum gelombang berikutnya. Selain itu, tekanan air pada kedalaman 20-50 meter bisa cukup kuat untuk mempengaruhi gendang telinga seseorang. Arus yang kuat dan tindakan air pada kedalaman tersebut juga dapat membanting surfer ke karang atau dasar laut, yang dapat mengakibatkan cedera parah.

Bungee Jumping

Ini olahraga ekstrim melibatkan melompat dari struktur tinggi saat dihubungkan ke kabel elastic yang besar. Struktur tinggi biasanya benda tetap, seperti jembatan, gedung atau crane. Bungee Jumping terus tumbuh dalam popularitasnya dan sekarang dipandang sebagai salah satu olahraga ekstrim paling mudah karena tingkat keterampilannya.

Getaran berasal dari jatuh bebas dan rebound. Ketika orang melompat, kabel membentang dan jumper terbang ke atas lagi sebagai kebalikannya, dan terus berosilasi naik dan turun sampai semua energi normal.

Back to top