Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

6:37 AM


Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dalam pertempuran melawan infeksi ataupun virus, ada beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup yang dapat membantu tubuh. Ada beberapa tips gaya hidup eksklusif, cara-cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Relaksasi mengurangi Stress

Belajarlah untuk rileks. Relaksasi ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa jika stress pikiran, maka benar-benar dapat menurunkan kadar antibody/kekebalan tubuh. Sebaliknya, pasien yang ingat bahagia, non-stress pikiran menunjukkan tingkat antibody/kekebalan tubuh lebih tinggi.

Senam

Kegiatan relaksasi yang bisa dilakukan adalah latihan pernapasan ke dalam rutinitas harian. Bernapas dalam-dalam dan berirama membantu penyerapan tekanan oksigen dan melepaskan tekanan dari seluruh tubuh. Ini menciptakan rasa tenang, membersihkan pikiran dan mempertajam kesadaran umum. Setidaknya Melakukan pernapasan dalam sewaktu bangun pagi.

Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Tidur memberikan organ kekebalan tubuh kesempatan untuk regenerasi. Sementara ketika sedang tidur tubuh mengalami proses penting tertentu dari perbaikan dan pembaharuan untuk pemulihan energi. Tidur sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh kita, bagian dari tubuh bekerja memerangi infeksi.

Tidur
Photo: RelaxingMusic CC-BY-SA 2.0

Beberapa ilmuwan percaya bahwa selama tidur kita mengeluarkan kortisol pada tingkat yang lebih tinggi (hormon yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis yang melindungi sistem kekebalan tubuh) dibandingkan disiang hari. Setidaknya tidur nyenyak enam jam per malam.

Berhenti merokok

Penelitian medis menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan paru-paru dan juga osteoporosis (penyakit yang melemahkan tulang). Merokok juga dapat meningkatkan resiko infeksi. Perokok yang mengembangkan pilek lebih mungkin untuk menderita sakit tenggorokan berulang yang dapat menyebabkan bronkhitis (peradangan pada selaput lendir di paru-paru).

Dilarang merokok

Selain berhenti merokok, tingkatkan asupan antioksidan (pertahanan tubuh kita terhadap radikal bebas). Sumber terbaik antioksidan adalah vitamin A, C, E, dan selenium (nutrisi yang ditemukan dalam buah berwarna hijau cerah dan sayuran). Makan lebih banyak anti-oksidan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dengan memerangi radikal bebas.

Ambil olahraga teratur, tapi tidak berlebihan

Bersepeda, berenang atau berjalan secara teratur tidak hanya mengurangi stress, tetapi mendorong fungsi efisien dari sistem lymphatic (jaringan pembuluh yang mengambil racun dan menghilangkan mereka dari tubuh).

Olahraga dapat mempromosikan penghapusan efisien racun. Pilih program latihan yang akan membuat termotivasi. Sebaiknya, perlahan-lahan membangun tingkat kebugaran untuk menghindari  beban yang tidak semestinya pada tubuh.

Membersihkan dan Membasuh Kulit Tubuh

Membersihkan dan membasuh kulit setiap hari tidak hanya meningkatkan sirkulasi dan membuat kulit bersinar, itu juga dikatakan dapat membantu drainase lymphatic (metode tubuh membilas racun dan penyebaran kelebihan cairan). Hal ini juga dapat membantu pergeseran selulit, dengan mendorong aliran lymphatic di paha dan bokong, di mana lemak, protein dan bahan limbah sering mengumpul.

Mencuci tangan
Photo: Arlington County CC-BY-SA 2.0

Menjaga tangan Anda bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit, Pastikan untuk mencuci tangan Anda selama 15 sampai 20 detik (menggunakan air hangat dan sabun) sebelum menyiapkan makanan atau makan, setelah batuk/bersin, menggunakan kamar mandi, atau menyentuh permukaan publik.

Konsumsi Makanan Kaya Anti-Oksidan

Diet kaya anti-oksidan adalah penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Melimpah di banyak buah-buahan dan sayuran, anti-oksidan memerangi radikal bebas.

Buah-buahan
Photo: Daderot CC-BY-SA 3.0

Memilih lemak sehat (seperti omega-3) dapat membantu meningkatkan produksi tubuh Anda dari senyawa yang terlibat dalam mengatur kekebalan. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tambahan, bawang putih (terbukti menangkal virus dan membunuh bakteri merugikan) dan jahe untuk makanan Anda secara teratur.

Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih juga dapat membantu menangkis infeksi, melancarkan peredaran darah.

Back to top