Khasiat dan Manfaat Yang Terdapat Pada Ginseng

07:17


Ginseng, atau sering dianggap sebagai “raja ramuan”, adalah tanaman yang termasuk genus Panax dalam keluarga Araliaceae. Nama genus “Panax” berasal dari makna “Panakos” kata Yunani artinya “Semua obat” dan jenis Ginseng dikatakan bermaksud "keajaiban dunia". Pabrik yang terkemuka hanya ditemukan di Amerika Utara dan Asia Timur (sebagian besar China utara-Manchuria, Jepang dan Korea), biasanya di daerah iklim dingin.

Ginseng
Photo by Richardfabi CC-BY-SA 3.0

Jenis dari Ginseng

Ada dua jenis utama dari ginseng: American Ginseng (Panax quinquefolium) dan Asian Ginseng atau Chinese ginseng (Panax ginseng). Ginseng Amerika biasanya mengandung sifat pendinginan (energi “ying”), sementara ginseng Asia memiliki sifat pemanasan (energi “Yang”).

Oleh karena itu, orang dengan tubuh "kedinginan" hanya harus mengambil ginseng Asia yang memiliki efek "pemanasan", dan sebaliknya. Jika tidak selaras, dapat timbul kontradiksi, terutama untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan kelemahan. Meskipun bervariasi, semua tanaman ginseng mengandung ginsenosides, yang merupakan bahan aktif dari ramuan.

Ada lagi jenis ginseng disebut Siberian ginseng, tapi itu bukan ginseng yang sama, tapi merupakan tanaman lain (Eleutherococcus senticosus) dengan sifat obat hampir mirip. Karena ginseng Siberia mengandung zat kimia yang disebut Eleutherosides, bukannya ginsenosides.

Baik ginseng Asia atau Amerika, memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari flu biasa sampai kanker. Kekuatan penyembuhan dari ginseng dikaitkan dengan fakta bahwa itu adalah adaptogen, zat yang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, baik fisik dan mental.

Efek adaptogenic ginseng sebagai ramuan, terutama berguna untuk berbagai kondisi, seperti kelelahan kronis, kekurangan energi, kurangnya vitalitas, kehilangan konsentrasi, kehilangan stamina, memori yang lemah, serta selama pemulihan dari penyakit.

Beberapa khasiat dan manfaat dari ginseng

Mengurangi Stress Mental


Ginsenosides ditemukan dalam ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental, sementara itu memperbaiki perubahan suasana hati. Ini juga merupakan anti depresan yang baik dan anti kecemasan. Cukup mengambil satu kapsul Ginseng atau secangkir teh Ginseng tiga kali seminggu jika merasa sedih atau melakukan pekerjaan berat.

Mengobati Diabetes Tipe 2


Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Namun, karena efek jangka panjang dari ginseng masih belum diketahui. Juga, tidak diketahui bagaimana ginseng berinteraksi dengan resep obat diabetes. Jadi orang-orang dengan diabetes tidak boleh mengambil ginseng atau mengkombinasikannya dengan obat resep mereka kecuali diawasi oleh ahli kesehatan.

Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh


Sifat adaptogenik dalam ginseng membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi dalam darah. Ini membantu melawan flu dan infeksi lainnya.

Mencegah Kanker


Ginseng mengandung ginsenosides, yang diyakini memiliki sifat anti-kanker. Ginsenosides menghambat perkembangan siklus sel, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, Jika Anda telah didiagnosa memiliki kanker, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi ginseng secara rutin.

Menurunkan Kolesterol


Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan untuk menurunkan tingkat. LDL (kolesterol jahat). Para peneliti percaya bahwa kehadiran ginsenosides di Ginseng bertanggung jawab atas kemampuan ini, tetapi proses yang sebenarnya tidak jelas terhadap kolesterol.

Meredakan Kelelahan


Ginseng dikenal sebagai adaptogen yang dapat memerangi kelelahan dan memperkuat sistem saraf. Dalam satu penelitian di Inggris dilakukan pada perawat yang melakukan kerja shift, ginseng mengurangi kelelahan dan meningkatkan suasana hati mereka. Para perawat juga melakukan lebih baik pada koordinasi dan tes kecepatan.

Minum satu cangkir teh ginseng setiap hari untuk membantu melawan kelelahan, Kapsul dan formulasi dapat digunakan juga. Para ahli menyarankan akan satu minggu tidak mengkonsumsi ginseng dari setiap lima minggu untuk mengkonsumsi. Istirahat dalam mengkonsumsi ini membantu untuk mencegah beberapa efek reportedside (seperti insomnia, tekanan darah rendah dan gelisah) dari penggunaan jangka panjang dari ginseng.

Meningkatkan Stamina


Selain menghilangkan kelelahan, adaptogen juga meningkatkan energi dan stamina. Oleh karena itu, ginseng adalah tonik herbal stimulan yang populer bagi para atlet.

Merangsang vitalitas pria


Ginseng telah lama digunakan untuk impotensi karena efek adaptogenik-nya. Hal ini meningkatkan vitalitas dan membantu membawa tubuh kembali ke normal. Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa ginseng dapat memfasilitasi fungsi vitalitas, dan meningkatkan produksi sperma serta kualitas sperma.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil ginseng bersama dengan obat resep lain karena dapat mengganggu dalam beberapa penyembuhan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


Ginseng Asia atau Korea adalah obat yang baik untuk mengobati gangguan lambung seperti diare, nafsu makan yang buruk, mual, muntah dan gangguan pencernaan.

Meningkatkan kesehatan jantung


Manfaat lain kesehatan konsumsi secara teratur ginseng Asia adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan cardiovascular dengan agregasi platelet dan menjaga kadar kolesterol.

Namun, beberapa studi klinis menunjukkan bahwa ginseng dapat memperburuk kondisi hipertensi. Jadi, penderita hipertensi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengambil ginseng apapun.

Untuk hasil terbaik, mengkonsumsi ginseng dalam siklus yang teratur. Misalnya, mengambil satu kapsul atau secangkir teh Ginseng setidaknya lima hari seminggu selama 2-3 minggu, kemudian berhenti selama 3 minggu, kemudian mulai kembali mengkonsumsi lagi.

Khasiat Manfaat Ginseng Reviewed by Tatang Gunawan S on . Khasiat Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan. ginseng sebagai ramuan, terutama berguna untuk berbagai kondisi untuk kesehatan Rating: 3