sayur, kubis, kol

Kubis atau Kol (Brassica oleracea) adalah sayuran bermanfaat termasuk jenis Brassica atau cruciferous family, yang juga termasuk brokoli, kale, dan kembang kol. Sayuran ini dapat tumbuh di setiap jenis tanah, tetapi tumbuh baik terutama di tanah yang subur, semakin subur tanah, semakin cepat tumbuhnya.

Kubis adalah salah satu tanaman sayuran tertua dan diyakini berasal dari Asia dan Mediterania. Masa kini, kubis merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia di daerah tropis dan semitropis.

  1. Jenis dan Kandungan
  2. Khasiat dan Manfaat Sayur Kubis
    1. Mencegah kanker
    2. Memelihara lambung
    3. Anti-inflamasi
    4. Meningkatkan kekebalan
    5. Mencegah katarak
    6. Menurunkan berat badan
    7. Mengurangi alzheimer
    8. Meringankan sembelit
    9. Perawatan kulit
    10. Meringankan nyeri otot
  3. Rangkuman

Jenis dan Kandungan

Ada sekitar 400 varietas kubis di seluruh dunia dalam bentuk yang berbeda-beda dari bulat sampai kerucut, ukuran dari empat sampai delapan inci, warna hijau, putih, merah, dan daun ungu, dan yang paling umum adalah bulat hijau muda.

Kubis adalah sayuran ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan di supermarket dan memberikan nilai gizi yang sangat besar, sayuran ini bisa dimakan mentah atau dimasak, tetapi sering ditambahkan ke sup atau rebusan. Selain digunakan dalam berbagai hidangan, Kubis juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, kubis kaya akan fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan K, ini semua merupakan antioksidan alami, yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, serta mencegah radikal bebas.

Kubis juga merupakan sumber yang baik sebagai serat makanan, menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

Khasiat dan Manfaat Sayur Kubis

Mencegah pertumbuhan kanker

Kubis mengandung sifat melawan kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (I3C), dan sulforaphane, yang dapat membantu pertahanan enzim dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa sulforaphane dan I3C dalam kubis, keduanya telah terbukti meningkatkan efek anti kanker dari Taxol obat kemoterapi.

Salah satu penelitian terhadap wanita Cina menemukan bahwa konsumsi sayuran (seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel) dikaitkan dengan risiko kanker payudara secara signifikan berkurang.

Memelihara proses lambung

Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut tukak lambung). Sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Sifat anti-radang dari kubis adalah karena kandungan glutamine tinggi di dalamnya.

Anti-inflamasi (peradangan)

Kubis merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine dan diyakini untuk membantu mereka yang menderita semua jenis peradangan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena jumlah tinggi vitamin C, kubis membantu memperkuat sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

Mencegah resiko katarak

Kubis juga tinggi beta-karoten yang membantu melindungi terhadap usia terkait degenerasi macular dan mencegah katarak.

Menurunkan berat badan

Kubis adalah pilihan diet yang bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Satu cangkir kubis dimasak hanya mengandung hanya 33 kalori. Itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara masih tetap sehat.

Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan kubis merah dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Kubis merah mengandung vitamin K dan anthocyanin, anti oksidan untuk membantu mengurangi plak pada otak, sehingga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Meringankan sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam kubis membantu merangsang sistem pencernaan, dan dengan demikian menghilangkan sembelit.

Perawatan kulit

Anti oksidan dalam kubis membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Meringankan nyeri otot

Kubis mengandung lactic acid yang dikenal untuk membantu meringankan nyeri otot.

Rangkuman

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kubis/kol, hindari memasak terlalu matang karena dapat menurunkan nilai gizi khususnya vitamin C dan nutrisi yang tersisa akan menjadi lebih sulit untuk dicerna.

Kubis dapat dimakan dengan berbagai cara seperti direbus, dikukus, tumis atau bahkan panggang. Tapi kubis yang paling bergizi bila dimakan mentah (tentu saja setelah dicuci dengan air). Tambahkan daun mentah diiris atau diparut dalam salad sayuran untuk rasa yang lebih baik.

Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
☝️