Manfaat Nutrisi Yang Terkandung Dalam Bayam

21:05


Manfaat Bayam - Bayam (Spinacia oleracea) adalah tanaman berbunga, sayuran berdaun hijau gelap berasal dari Asia Tengah dan barat daya Asia. Bayam merupakan tanaman tahunan, yang tumbuh hingga ketinggian 30 cm, dapat bertahan hidup selama musim dingin di daerah beriklim, daun bayam alternatif, sederhana, sangat bervariasi dalam ukuran panjang sekitar 2-30 cm.

Bayam merupakan salah satu sayuran bermanfaat, berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan nilai gizi. Bayam dapat dimasak atau dimakan mentah, tapi dianjurkan untuk dikukus atau memakannya mentah, misalnya sebagai salad, karena itu bisa mempertahankan nutrisi di dalamnya.


Nutrisi Dalam Bayam

Satu porsi Bayam (100g) mengandung Nutrisi 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram zat besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C, niacin, thiamin, phosphorus, riboflavin, sodium, kalium dan magnesium.

Bayam
Gambar: Bayam

Sayuran ini juga mengandung banyak anti oksidan penting dan phytochemicals yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Selain itu, apakah manfaat bayam?, berikut adalah beberapa manfaat bayam untuk kesehatan.

Melawan Sel Kanker


Nutrisi dari Vitamin A dan C ditambah serat, folic acid, dan 13 jenis flavonoid yang berbeda ditemukan dalam bayam sangat bermanfaat dalam melawan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut menurunkan resiko kanker sebesar 34%, terutama pada kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

Anti-inflamasi (Peradangan)


Bayam mengandung sifat alkalinity tinggi yang menjadi sayuran pilihan yang sempurna makanan untuk orang yang menderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Mengurangi Resiko Penyakit Cardiovascular


Bayam merupakan sumber folate yang baik, yang dapat mengurangi homocysteine, amino acid yang ditemukan dalam darah. Tinggi tingkat homocysteine merupakan faktor resiko untuk penyakit cardiovascular. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat seimbang mineral ini sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi, dimana kalium menurunkan dan kadar sodium meningkatkan. Folate ditemukan dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan aliran darah yang tepat.

Mencegah Osteoporosis


Secangkir daun bayam segar menyediakan Nutrisi hampir 200% dari nilai harian untuk vitamin K. Jumlah tinggi vitamin k dalam bayam sangat penting untuk memberikan asupan kalsium dalam tulang, sehingga penting untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium yang hadir, zinc, copper dan phosphorus dalam bayam juga membantu dalam membangun tulang yang kuat.

Mencegah Diabetes, Menstabilkan Gula Darah


Bayam juga sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

Mencegah Anemia


Bayam merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi. Jumlah yang tinggi zat besi dalam bayam sangat bermanfaat dalam mencegah anemia. Zat besi membantu regenerasi atau memperbanyak sel-sel darah merah, yang membawa oksigen ke setiap bagian dari tubuh.

Baik untuk Menurunkan Berat Badan


Bayam mengandung sejumlah besar zat besi yang meningkatkan metabolisme serta jumlah oksigen yang mengalir melalui tubuh Anda.Hasilnya, tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga menurunkan berat badan.

Meningkatkan Penglihatan


Bayam merupakan sumber Nutrisi yang kaya Lutein, carotenoid yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap katarak dan lainnya yang berkaitan dengan usia degenerasi macular. Bayam juga kaya vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

Pertahankan Gastrointestinal (Usus) Yang Sehat


Beta-caroten dan vitamin C yang terkandung dalam bayam bekerja untuk melindungi sel-sel usus besar dari efek berbahaya terhadap radikal bebas. Folate ditemukan dalam bayam juga membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.

Lindungi Kulit Terhadap Sinar UV


Vitamin B dalam bayam membantu dalam melindungi kulit dari sinar matahari terutama UV. Ini memastikan memiliki kulit bersinar sehat.

Mempromosikan Kehamilan Sehat


Tumbuhnya janin memerlukan folate untuk pengembangan yang tepat dari sistem saraf baru. Vitamin A ditemukan dalam bayam juga dibutuhkan dalam pengembangan paru-paru janin dan selama menyusui.

Mencegah Penyakit Alzheimer


Rendahnya tingkat vitamin B12 atau folate mungkin memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer dan bayam kaya akan kedua nutrisi penting ini, sehingga membantu mencegah resiko penyakit Alzheimer.

Memperlambat Proses Penuaan


Bayam juga dikenal sebagai sayuran anti-penuaan yang memperlambat degenerasi terkait usia dan mencegah penuaan dini.

Mengobati Pendarahan Gusi


Sebuah campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan gula terlalu banyak.

Manfaat Bayam Reviewed by Tatang Gunawan S on . Nutrisi dan manfaat dalam bayam Bayam merupakan salah satu sayuran bermanfaat, berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan nilai gizi Rating: 3.5