Pohon Tertua dan Tertinggi di Dunia

Pohon Tertua dan Tertinggi. Sequoia sempervirens adalah Spesies Pepohonan dari jenis Sequoia, termasuk dalam kelompok pohon cemara Cupressaceae, Pohon Terbesar, Tertua sekaligus Tertinggi di Dunia. Ini merupakan pohon yang berdaun hijau sepanjang tahun dan berumur panjang diperkirakan bisa tumbuh sampai ribuan tahun, sekitar 1.200-1.800 tahun atau bahkan lebih.

Pohon jenis ini termasuk pohon-pohon terbesar dan tertinggi di Dunia, dengan ketinggian bisa mencapai hingga 115,5 meter dari atas tanah (tanpa akar) dan diameter hingga 7.9 meter. Pohon-pohon ini juga termasuk di antara jenis makhluk hidup tertua di Bumi dan paling cepat tumbuhnya.

Pohon ini terdiri dari beberapa kelompok yaitu Sequoia dan Sequoiadendron, terdapat di California dan Oregon, Amerika Serikat, jenis lain yaitu Metasequoia terdapat di Negeri Tirai Bambu.

sequoia

Sedangkan Jenis Pohon Tertinggi di Dunia adalah Sequoia sempervirens atau biasa disebut juga Pohon Hyperion. Nama yang dikenal umum adalah Redwoods yang merupakan Taman Nasional terdapat di sepanjang pesisir pantai California, Amerika Serikat. Ini adalah jenis pohon yang dilindungi dan dipelihara di habitatnya.

Taman Nasional – The Redwood National and State Parks (RNSP) – melestarikan semua jenis pohon redwoods yang tersisa (Sequoia sempervirens), dengan total area sekitar 38.982 hektar (157,75 km2).

Kebanyakan orang tahu Redwoods adalah rumah bagi pohon tertinggi di Bumi. Tetapi selain Hutan Redwoods, taman nasional juga melestarikan flora dan fauna, termasuk sejumlah spesies hewan langka, tumbuhan asli lain, padang rumput, sungai-sungai dan zona berhutan lebat disekitarnya.

Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
☝️