antivirus terbaik

Antivirus Terbaik. Antivirus adalah program perangkat lunak yang dirancang agar dapat melindungi PC (komputer, laptop). Semua program antivirus menyediakan fitur keamanan, sekaligus pendeteksian, dan menghapus “virus ganas” atau “malware”, bagus, ringan, ampuh, kuat, efektif, dan gratis.

Antivirus dibawah ini secara keseluruhan dapat digunakan untuk berbagai macam sistem operasi Windows (7, 8, 10) untuk PC (Laptop, Komputer). Meskipun demikian tidak ada Antivirus yang sempurna, tetapi setidaknya dapat menawarkan solusi terbaik untuk masalah virus.

  1. 10 Antivirus Terbaik, Download Gratis untuk Windows
    1. Microsoft Defender
    2. Avast Free
    3. Bitdefender Free Edition
    4. AVG
    5. Avira Free Security
    6. Panda
    7. Sophos Home Free
    8. Comodo Free
    9. Kaspersky Security Cloud
    10. Smadav

Catatan: Jangan menggunakan 2 program antivirus utama pada saat bersamaan, karena bisa menyebabkan konflik, bahkan sampai “hang”. Jika ingin mencoba antivirus yang lain, maka yang sebelumnya harus di lepas atau “uninstall” terlebih dahulu. Disarankan komputer atau laptop memiliki memori minimal 2 GB atau lebih supaya tidak memberatkan.

10 Antivirus Terbaik, Download Gratis untuk Windows

Microsoft Defender Antivirus

Microsoft Defender Antivirus

Microsoft Defender (sebelumnya dikenal dengan nama “Windows Defender”) adalah program perangkat lunak dari “Microsoft” yang khusus untuk melindungi sistem operasi Windows dari virus dan perangkat pengintai (spyware). Program ini tersedia langsung dan bisa diaktifkan sebagai bawaan dari sistem operasi Windows 10. Program ini memberikan perlindungan komprehensif, berkelanjutan, dan “real-time” yang dapat diandalkan dari ancaman perangkat lunak seperti “virus”, “malware”, dan “spyware”.

Sedangkan antivirus versi sebelumnya bernama “Microsoft Security Essentials” yang tersedia pada Windows 7, namun seiring perkembangan edisi sistem operasi Windows, Microsoft Defender Antivirus hanya efektif dapat digunakan pada Windows 10.

Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus adalah program anti-virus yang layak berada di daftar perangkat lunak perlindungan gratis yang bagus. Program ini memiliki keamanan tercanggih yang merupakan benteng pertahanan yang paling ringan sekaligus paling ampuh melawan virus, “ransomware”, “malware”, ancaman seketika, kerentanan jaringan Wi-Fi dan sebagainya. Di desain lengkap memiliki fungsi penuh dan “antispyware” melindungi PC, mempunyai “engine” heuristik yang dapat melakukan pendeteksian dari jenis virus baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Download Avast Free Antivirus

Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition adalah program anti-virus yang bisa dibilang lebih terkenal paling ringan dan gratis. Bitdefender sangat mudah dalam setup dan konfigurasi, menggunakan system resources yang sedikit alias tidak akan memperlambat komputer atau laptop. Baik untuk gamer, pengeditan gambar dan video, dan aplikasi intensif. Perlindungan antivirus yang kuat dikemas dalam solusi ringan, mendapatkan teknologi paling inovatif yang memprediksi, mencegah, mendeteksi, dan memulihkan bahkan ancaman dunia maya terbaru.

Download Bitdefender Antivirus Free Edition

AVG AntiVirus FREE

AVG AntiVirus FREE

AVG AntiVirus FREE adalah program anti-virus gratis yang dikembangkan oleh “AVG Technologies”. Antivirus ini terus menerus diperbaharui sehingga jauh lebih baik. Fiturnya mencakup pembaruan keamanan “real-time”, memindai “malware” dan masalah kinerja, dan bahkan menghalau unduhan berbahaya sebelum mencapai PC. Selain itu, desainnya sekarang memiliki tampilan baru yang segar dan sederhana, sehingga dapat melihat dengan jelas peningkatan perlindungan serba baru dan tetap tidak akan memperlambat PC.

Download AVG AntiVirus FREE

Avira Free Security

Avira Free Security

Avira Free Security adalah program perangkat lunak anti-virus yang dikembangkan oleh “Avira Operations GmbH & Co. KG.”. Program ini memiliki beberapa bagian perlindungan khusus dari ancaman dan didesain agar lebih sesuai dengan gaya hidup digital masa kini.

Produk ini tersedia dengan perlindungan keamanan gratis dengan beragam spektrum fitur. Dan seperti kebanyakan program antivirus, Avira berguna untuk memindai virus dan juga dapat dijalankan dari proses latar belakang, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan “rootkits”.

Download Avira Free Security

Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus adalah program perangkat lunak anti-virus gratis yang menawarkan perlindungan pada PC dan proteksi USB Flashdisk. Program ini dilengkapi keamanan “Real-time” terhadap semua jenis malware dan spyware. Penjadwalan pemindaian berkala dan pendeteksian PC sesuai permintaan. Perlindungan PC dengan mencegah eksekusi otomatis malware dari drive USB. Pindai semua drive USB saat dimasukkan, dan fitur tambahan lainnya.

Download Panda Free Antivirus

Sophos Home Free Antivirus

Sophos Home Free Antivirus

Sophos Home Free Antivirus adalah program anti-virus gratis yang dirancang untuk melindungi PC dari ancaman seperti malware, virus, ransomware, perangkat lunak berbahaya, dan situs web yang disusupi atau tidak kompatibel.

Fitur program ini meliputi Pendeteksian Ancaman dengan Kecerdasan Buatan atau “Artificial Intelligence” (AI), berguna mengidentifikasi dan memblokir malware yang belum pernah terlihat sebelumnya, termasuk kemampuan pembelajaran mendalam. Selain dari itu juga dilengkapi Perlindungan “Real time”, “Web Protection”, dan “Advanced Real-Time Threat Prevention”.

Comodo Free Antivirus

Comodo Free Antivirus

Comodo Free Antivirus adalah Program anti-virus gratis yang dibuat dan dikembangkan oleh “Comodo Security Solutions, Inc.”. Program ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang mengesankan sehingga menjadikannya salah satu perangkat lunak antivirus gratis terbaik di industri keamanan IT. Antivirus Comodo membantu melindungi PC dari virus, “trojan horse”, “worm”, “spyware”, “back door”, “rootkit”, “adware”, dan infeksi “malware” lainnya dengan sukses, termasuk ancaman zero-day yang paling berbahaya.

Program antivirus berbasis cloud ini mengidentifikasi file yang mencurigakan, memastikan penghapusan malware secara instan, melakukan pemindaian berbasis Cloud secara cepat dan instan, memperbarui secara instan definisi virus yang baru dan terkini, memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan menyediakan pemindaian file secara otomatis saat diunduh dari internet.

Download Comodo Free Antivirus

Kaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud adalah program antivirus luar biasa lainnya yang tidak masalah dikomendasikan untuk digunakan di rumah, dengan catatan memiliki koneksi internet yang bagus dan lancar, karena antivirus ini menggunakan teknologi berbasis “Cloud”. Berjalan baik dan tidak membuat perlambatan apa pun saat menginstal atau digunakan. Layanan “Cloud” ini memberi perangkat lunak antivirus dan perlindungan peringkat kelas atas untuk melawan virus, “worm”, “Trojans”, “malware”, “ransomware”, dan bahaya tersembunyi lainnya.

Antivirus SmadAV

Antivirus Smadav

SmadAV adalah program anti-virus gratis buatan Indonesia yang cukup tangguh untuk memberikan perlindungan secara total dan mencegah penyebaran virus. Antivirus ini berguna untuk proteksi tambahan dan mampu mendeteksi virus, “trojan”, “worm”, dan mencegah penyebaran yang biasanya menyebar lewat flashdisk.

Antivirus ini didesain sebagai proteksi tambahan atau lapisan pertahanan kedua untuk komputer dan laptop, kompatibel dengan antivirus yang lain. Program ini mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database.

Download Antivirus SmadAV

Pilihan antivirus gratis atau berbayar adalah keputusan pribadi yang harus didasarkan kebutuhan komputer atau Laptop. Bagaimanapun menggunakan berbagai macam jenis antivirus bisa menjadi pengalaman tersendiri, pilihlah satu yang paling pas.

Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
☝️